OBYEK WISATA KETEP PASS Boyolali Magelang

OBYEK WISATA KETEP PASS 

 Ketep Pass adalah obyek wisata pegunungan yang merupakan salah satu andalan di Provinsi Jawa Tengah. Obyek wisata ini terletak di Kecamatan Sawangan, Kab. Magelang, Prov. Jawa Tengah. Menempuh perjalanan sekitar 3 Jam dari Ibu Kota Provinsi, Semarang,atau 1 jam dari kota Magelang

OBYEK WISATA KETEP PASS Boyolali Magelang
KETEP


OBYEK WISATA KETEP PASS Boyolali Magelang
KETEP

OBYEK WISATA KETEP PASS Boyolali Magelang
KETEP
Obyek Wisata Ketep Pass dikembangkan sebagai tempat tujuan wisata baru di jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) dengan ciri khas wisata kegunungapian.
Obyek Wisata Ketep Pass kabupaten Magelang merupakan Obyek Wisata Alam Kegunungapian khususnya Gunung Merapi.Obyek Wisata Ketep Pass terletak pada ketingggian 1200 m dpl.Luas area sekitar 8000 m persegi,berjarak 17 km dari Blabak Magelang kearah timur,30 km dari Kota Magelang dan 35 km dari Boyolalai.Dari kota Salatiga yang berjarak sekitar 32 km,dapat melalaui Kopeng dan Desa Kaponan dan 30 km dari Candi Borobudur.Lokasi Obyek mudah dijangkau baik dengan Bus Besar,Mini bus,Sedan atau sejenisnya maupun sepeda motor.

Atas prakarsa Gubernur Jawa Tengah H.Mardiyanto,dipilih tanah berbukit ini untuk dikembangkan sebagai tempat tujuan wisata baru di jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) dengan ciri khas wisata kegunungapian.Obyek Wisata Ketep Pass diresmikan oleh Presiden RI Megawati Sukarno Putri pada 17 Oktober 2002.

GARDU PANDANG
Berupa 2 buah gazebo masing-masing dengan ukuran empat persegi panjang dan bangunan segi delapan dengan panjang panjang sisi lima meter.Tempat untuk melihat keindahan alam Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.Serta hamparan lahan pertanian di kedua kaki Gunung tersebut.Sambil menikmati makanan dan minuman yang disediakan oleh pedagang disekitar Obyek.

Memasuki lokasi lebih dalam lagi, disebuah tempat yang lebih rendah posisinya terdapat beberapa warung yang menyajikan makanan khas pegunungan. Warung yang cukup nyaman buat bersantai dan menikmati panorama alam tersebut menyediakan jagung bakar, mie rebus, minuman hangat, dan sebagainya. Harga cukup terjangkau dan terdapat informasi harga di depan warung.
Dibagian ujung Ketep Pass terdapat gardu pandang yang disediakan teropong untuk melihat Gunung Merapi. Pemandangan Gunung Merapi dari Ketep Pass cukup dekat dan terlihat jelas. Namun ketika waktu menjelang siang, Gunung Merapi telah tertutup oleh kabut sehingga tidak terlihat dengan jelas. Sebaiknya berkunjung ke Ketep Pass di pagi hari supaya bisa melihat panorama Gunung Merapi secara jelas, bahkan bila beruntung bisa sekaligus menikmati Gunung Merbabu yang terletak disebelahnya.
== Tiket Masuk
Dewasa : Rp5.000-/orang
Motor : Rp1.000,-/orang
Ketep Volcano Theatre : Rp6.000,-/orang
== Rute
Dari Yogyakarta ke arah Magelang melwati Muntilan. Memasuki pertigaan Blabak yang terletak disebelah utara Muntilan, ambil jalan ke kiri. Melewati Jalur Borobudur-Selo-Solo sejauh 28km. Lokasi Ketep Pass terletak dipuncak bukit Sawangan.